4 Cara Membersihkan Tas Kulit, Jangan Sembarangan 

IMG_2919

Jika Anda adalah pemilik tas kulit asli atau genuine leather, Anda mungkin telah memahami bahwa perawatannya tidak boleh sembarangan. Membersihkan tas kulit harus disesuaikan dengan materialnya agar kondisinya benar-benar terjaga dan tidak cepat rusak. 

Tas kulit biasanya terbuat dari berbagai hewan seperti sapi, domba, ular, atau buaya. Teksturnya unik dan memiliki spesifikasi masing-masing sehingga perlu perhatian lebih untuk perawatannya. Nah, agar tidak salah langkah, mari simak penjelasan cara membersihkan tas kulit asli yang benar di bawah ini. 

Cara Membersihkan Tas Kulit 

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membersihkan dan merawat tas kulit dengan benar. Namun yang pasti, hindari penggunaan deterjen atau pembersih yang terlalu kuat agar tidak merusak kompleksitas serat kulit itu sendiri. 

Gunakan air hangat dan sabun khusus 

Tas kulit yang asli tentu tidak bisa dibersihkan dengan sabun sembarangan karena dapat membuat tas menjadi rusak. Gunakan air hangat dan sabun pencuci khusus material kulit agar prosesnya maksimal. 

Caranya, Anda bisa mencampurkan air hangat dengan sabun secukupnya. Lalu gunakan lap microfiber, celupkan pada larutan, kemudian lanjut menggosok perlahan bagian tas yang terkena noda. Lakukan tanpa menekan tas secara berlebihan. Selain itu, hindari penggunaan kain berwarna agar warnanya tidak berpindah ke tas. 

Gunakan soda kue atau tepung maizena 

Untuk noda minyak atau lemak yang menempel pada tas kulit, Anda bisa menggunakan soda kue atau tepung maizena. Caranya adalah dengan menaburkan soda kue atau tepung maizena ke bagian yang terkena noda. Kemudian lanjut gosok lembut menggunakan kain basah dan diamkan beberapa jam atau semalaman. Jika noda minyak sudah terserap, bersihkan dengan lap kering. 

Namun, penting diperhatikan bahwa selain noda minyak, ada juga tipe noda yang lain seperti noda tinta. Pada kasus tertentu, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk membersihkan noda sendiri. Anda bisa mempercayakan ke ahlinya agar tidak merusak kualitas tas. 

Pilih sikat gigi yang kecil dan halus 

Debu biasanya mudah menempel di tas kulit, terutama jika tas jarang dipakai. Nah, untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus. Misalnya, sikat gigi untuk bayi atau untuk gigi sensitif. Gunakan sikat untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan lap microfiber yang kering untuk membersihkan keseluruhan tas. Hindari penggunaan pemanas atau pengering agar tidak merusak material tas. 

Manfaatkan kondisioner kulit

Jika tas sudah mengering, Anda bisa melengkapi prosesnya dengan mengoleskan pelembab kulit ke tas. Gunakan pelembab  pada tas lalu bersihkan dengan gerakan melingkar. Pelembab akan membantu menjaga tas kulit tetap lembut dan kenyal. Hindari menggunakan lotion biasa karena cara tersebut justru berisiko merusak tas kulit. 

Tambahan lainnya adalah membersihkan hardware tas. Anda bisa memanfaatkan semir logam atau pembersih kuningan. Ambil kapas, celupkan ke dalam semir lalu aplikasikan ke bagian logam. Berhati-hatilah untuk menjauhkan pembersih dari kulit atau kain apapun karena dapat menyebabkan perubahan warna.

Menggunakan tas kulit memang bisa meningkatkan penampilan. Nilai jual klasik dan cocok digunakan kapan saja memang menjadi daya tarik tersendiri. Namun, untuk memiliki tas kulit yang selalu bagus digunakan memerlukan perawatan tersendiri. Tidak boleh sembarangan, Anda perlu memperhatikan material dan cara membersihkannya. Tujuannya tentu agar tidak merusak warna, tekstur, atau keseluruhan tas sehingga tahan lama.

Selain harus memperhatikan langkah-langkah pembersihan, penting juga untuk memperhatikan pemakaian dan penyimpanannya. Hindari menekuk atau memaksa tas agar tidak memengaruhi bentuknya. Tas kulit sebaiknya disimpan di tempat yang kering karena umumnya memiliki daya serap air yang bisa membuat tas lembab. 

Anda tertarik untuk memiliki tas kulit asli? Atau bahkan tertarik untuk memulai bisnis tas dengan material kulit? Anda bisa bekerjasama dengan produsen tas kulit terpercaya PramaSew. Wujudkan rancangan produk kulit yang dikerjakan oleh tim pengrajin yang terampil. Kunjungi website resmi PramaSew untuk informasi lengkapnya. 

Bagikan artikel ini

Back
Whatsapp